Profil Sekolah


 
Rekapitulasi Sekolah
SMPN 12 BALIKPAPAN
49 siswa
50 guru
- jurusan
- kelas
- pelajaran
- ekstrakurikuler
sumber: database SIAP Administrasi 2.0
Info Sekolah
SMPN 12 BALIKPAPAN
NPSN 30401450 
NSS
Nama SMPN 12 BALIKPAPAN 
Akreditasi
Alamat JL. Kapt. Piere. TENDEAN gn pasir balikpapan 
Kodepos 76111 
Nomer Telpon 0542424062 
Nomer Faks 424062 
Email smpnegeri12bpp@gmail.com 
Jenjang SMP 
Status Negeri 
Situs  
Lintang -1.2720275323155288 
Bujur 116.83198750019073 
Ketinggian 92 
Waktu Belajar Sekolah Pagi 
Lokasi Sekolah
SMPN 12 BALIKPAPAN
Kota Kota Balikpapan 
Propinsi Kalimantan Timur 
Kecamatan Balikpapan Selatan 
Kelurahan Telaga Sari 
Kodepos 76111 


Sekilas SMPN 12 BALIKPAPAN

      SMP Negeri 12 Balikpapan adalah satu-satunya SMP  di Kota Balikpapan yang menyelenggarakan pendidikan life skill, yaitu berupa pendidikan keterampilan pengerjaan kayu, keterampilan kelistrikan, keterampilan pengerjaan logam, dan keterampilan kerumahtanggaan. Pendidikan keterampilan ini merupakan program unggulan, karena disamping mendukung ditunjuknya  Kota Balikpapan sebagai kota vokasional oleh pemerintah pusat, juga karena program keterampilan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kondisi sosial ekonomi peserta didik SMP Negeri 12 Balikpapan mayoritas  adalah golongan menengah, dilanjutkan dengan golongan bawah dan golongan atas. Dengan adanya pendidikan keterampilan tersebut peserta didik   diharapkan mempunyai apresiasi  positif mengenai pekerjaan dan mempunyai  bekal dasar keterampilan yang siap dikembangkan dan diaplikasikan di masyarakat. Di masa masa mendatang pendidikan keterampilan ini harus selalu dikembangkan dan diadakan inovasi agar keterampilan yang dipelajari peserta didik benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang ada  di masyarakat.

      Lokasi SMP Negeri 12 Balikpapan terletak di tengah kota dan tergolong dalam wilayah strategis  karena mudah dijangkau oleh semua angkutan umum yang ada  di Kota Balikpapan   Letak yang strategis ini juga memudahkan SMP Negeri 12 menerima fasiltas pendukung kegiatan belajar mengajar seperti listrik, air minum, jaringan internet, telepon, dan  alat atau media pembelajaran. Keadaan ini tentunya sangat mendukung program-program sekolah untuk  meningkatkan mutu dan prestasinya, terutama yang berkaitan dengan ICT. Sekolah harus mampu memanfaatkan kemajuan ICT untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan layanan pendidikan.

      Kebijakan  Pemerintah Kota Balikpapan saat ini memberikan pendidikan dasar gratis bagi warga Kota Balikpapan. Dengan lahirnya kebijakan ini membuat sekolah tidak menerima bantuan dana dari orang tua peserta didik.  Sekolah hanya menerima bantuan dana dari pemerintah pusat dan daerah, berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dari bantuan dana tersebut, belum memenuhi biaya standar minimal pendidikan sebesar, yaitu  Rp 156.000 setiap peserta didik setiap bulan. Dengan dana yang terbatas tersebut tidak menghalangi sekolah untuk terus meningkatkan mutu pendidikannya dan berprestasi. Sekolah justru termotivasi dan tertantang  mencari terobosan-terobosan baru guna mencari sumber dana lain untuk melengkapi kekurangan dana yang ada.

      Kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMP Negeri 12 Balikpapan dari tahun ke tahun meningkat.  Kenyataan ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar calon siswa baru setiap tahun mengalami peningkatan.  Dengan adanya kebijakan Pemerintah Kota Balikpapan, berupa program Bina Lingkungan  membuat sebagian besar peserta didik SMP Negeri 12 Balikpapan berasal dari sekitar wilayah sekolah.  Kedaan ini tentunya dapat berdampak positif dan negatif bagi sekolah. Dampak positifnya, warga di sekitar sekolah merasa memiliki sekolah. Tentunya ini akan menciptakan keamanan dan iklim yang kondusif dalam proses belajar mengajar. Dampak negatif, input berupa nilai peserta didik masih jauh dari yang diharapkan. Dengan input yang masih jauh dari harapan tersebut membuat sekolah harus bekerja ekstra keras untuk meningkatkan mutu pendidikannya.

           

 
Layanan ini diselenggarakan oleh TELKOM SOLUTION untuk dunia pendidikan di Indonesia. Mari kita majukan
bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna pada dunia pendidikan Indonesia.